PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) Dalam Rangka HUT Pramuka ke-55 dan Pengukuhan Nomor Gugus Depan (GUDEP) SD Laboratorium UM Kota Blitar

Standar

SD Laboratorium UM Kota Blitar ikut menyemarakkan kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke-55 dan pengukuhan nomor Gugus Depan (Gudep) Blitar 02093-02094 pada tanggal 3,4 September 2016. Peserta kegiatan perkemahan yang diselenggarakan di SD Laboratorium UM Kota blitar  tersebut  terdiri dari kelas 3,4 dan 5 dan dipandu langsung oleh Kak Bebi, Kak Febrian, Kak Mike, kak Azis dan kak Dian.whatsapp-image-2016-09-19-at-09-01-16
Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) ini di isi beragam kegiatan antara lain heking, pentas seni dan api unggun.
kegiatan ini dimulai pada hari sabtu pukul 15.00 para peserta mendirikan tenda untuk persiapan upacara pembukaan yang dibantu oleh kakak pembina.

 

Kegiatan puncak yang tengah berlangsung pada malam hari dimulai pukul 19.00 WIB, membuat para peserta semakin bersemangat untuk mengikuti upacara penyalaan Api Unggun halaman SD Laboratorium UM Blitar.20160903_195441
Dengan suasana yang amat gelap para petugas penyaalaan api unggun mulai mengucapkan Dasa Darma Pramuka sambil menyanyikan lagu pramuka Api Unggun. Setelah penyalaan api unggun kegiatan di isi dengan penyerahan nomor Gugus Depan (Gudep) oleh perwakilan dari Ketua kwarcab Kota Blitar yang diserahkan ke Edi Cahyanto sebagai perwakilan dari SD Laboratorium UM blitar yang disaksikan langsung oleh komite sekolah dan anggota Paguyuban Orang Tua (POT) SD Laboratorium UM Blitar. Untuk acara berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni oleh regu kelompok yang telah dibagi oleh kakak-kakak pembina dan kegiatan ini berakhir sampai pukul 22.00 WIB.
Kegiatan hari minggu menjadi lanjutan acara yang tak kalah menarik dan bermanfaat, kegiatan ini di mulai dengan senam pagi senam pramuka, setelah itu dilanjutkan dengan uji SKU pelantikan dan kegiatan heking ( Penjelajahan). kegiatan persami ini berakhir pada pukul 11.00 WIB dilanjutkan pembokaran tenda oleh peserta pramuka.
Semoga dengan kegiatan persami ini dapat menjadikan pribadi praja muda karana yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup, Khususnya karakter ini tumbuh dari Praja Muda Karana Gugus Depan SD Laboratorium UM Blitar, Amin

 

Untuk Dokumentasi Kegiatan PERSAMI dapat klik Di Sini

Iklan

About SD LABORATORIUM UM KOTA BLITAR

PROFIL SD – SSI LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) KOTA BLITAR I. VISI PENDIDIKAN DASAR LABORATORIUM Pendidikan dasar model bagi terwujudnya kecerdadan budaya lulusan melalui sekolah sebagai masyarakat belajar (learning society) yang bercirikan mandiri, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, bermartabat dan berkepribadian 2. MISI PENDIDIKAN DASAR LABORATORIUM (1) Pusat pengembangan logika/ilmiah, (2) Pusat pengembangan etika-Agama (3) Pusat pengembangan aestetika, (4) Pusat pengembangan humanika (5) Pusat pendidikan lingkungan hidup (6) Pusat pengembangan praktika 3. STANDART INTERNATIONAL PENDIDIKAN DASAR LABORATORIUM 1. developing citizens of the world – culture, language and learning to live together in global community 2. building and reinforcing students’ sense of identity and cultural awareness 3. fostering students’ recognition and development of universal human values 4. stimulating curiosity and inquiry in order to foster a spirit of discovery and enjoyment of learning 5. equipping students with the skills to learn and to acquire knowledge, individually or collaboratively, and to apply these skills and knowledge accordingly across a broad range of areas 6. providing international content while responding to local requirements and interests 7. encouraging diversity and flexibility in pedagogical approaches 8. providing appropriate forms of assessment and international benchmarking 4. STANDART PROGRAM PEMBELAJARAN 1. Self-Directed Learning : belajar atas arahan dirinya sendiri. 2. Career- Education : siswa mampu memilih cita-cita untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang sesuai dengan sikap dan minatnya. 3. Personality Development : berkembangnya kepribadian anak yang memungkinkan anak dapat bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri, memahami orang lain, dll. 4. Cognitif Development : mengarahkan anak untuk menguasai kompetensi Kognitif tinggi dengan kemampuan berfikir secara divergen 5. Continous Learning : menumbuhkan kesadaran dan membekali kemampuan anak untuk belajar secara berkelanjutan ( life long learning). 6. Knowledge to improve Society : isi pembelajaran dihubungkan dengan pengetahuan tentang perubahan sosial, sehingga menyiapkan anak agar mampu berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat masa depan. 7. Development of Value: pembelajaran yang menekankan pada pengembangan sistem nilai moral dan agama guna kehidupan anak di masyarakat. 8. Preparation for Change :mengembangkan keterampilan, sikap, kebiasaan dan aneka pengetahuan yang berguna untuk mengikuti perubahan masyarakat 9. Cultural Pluralism : menyiapkan anak untuk kehidupan masyarakat global yang majemuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s